Cara Mendapatkan Kuota Gratis Ongkir Shopee Apa ketentuan Program Gratis Ongkir? Berikut ini adalah syarat dan ketentuan masing-m...
Cara Mendapatkan Kuota Gratis Ongkir Shopee
Apa ketentuan Program Gratis Ongkir?
Berikut ini adalah syarat dan ketentuan masing-masing program periode 1 - 28 Februari 2018:
Program 1: Subsidi Ongkir adalah Rp30.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku dan Papua) dengan min. belanja Rp90.000 di Shopee Mall untuk seluruh jasa kirim yang didukung oleh Shopee, kecuali GO-SEND Instant Delivery & J&T Express.
Syarat & ketentuan:
- Program ini berlaku untuk opsi pengiriman JNE REG, JNE OKE, Pos Kilat Khusus dan GO-SEND Same Day Delivery di Shopee Mall.
- Penjual Shopee Mall wajib untuk memasukkan no. resi yang sah untuk pengiriman dengan jasa kirim JNE dan Pos Kilat Khusus. No. resi untuk pengiriman dengan jasa kirim GO-SEND Same Day Delivery akan dikeluarkan secara otomatis oleh sistem Shopee. Pencairan dana akan dilakukan sesuai dengan no. resi yang sah.
- Subsidi ongkir akan dibayarkan oleh Shopee sebagai reimbursement sampai dengan batas Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku dan Papua) per pesanan yang mempunyai no. resi yang sah.
- Untuk menikmati subsidi ongkir, pembeli harus melakukan pembelian min. Rp90.000 per toko Shopee Mall dalam satu kali checkout.
- Jika pengiriman pesanan membutuhkan lebih dari Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku dan Papua), Shopee dapat menunjukkan sisa biaya ongkir pada saat checkout untuk ditanggung oleh pembeli.
- Untuk paket JNE REG, JNE OKE dan Pos Kilat Khusus, penjual Shopee Mall wajib mengisi berat barang produk dengan tepat. Jika berat barang tidak diupdate dan ongkir yang dibayarkan lebih dari subsidi, maka kekurangan ongkir dapat terjadi dan akan ditanggung oleh penjual Shopee Mall sendiri.
- Biaya ongkir akan ditransfer bersamaan dengan dana hasil penjualan dalam satu mutasi rekening.
- Penjual Shopee Mall dapat memasukkan no. resi melalui Seller Centre di sini.
- Untuk penjual Shopee Mall yang menggunakan jasa kirim JNE, penjual Shopee Mall dapat menggunakan JOB (JNE Online Booking) di counter JNE yang tersedia. Klik di sini untuk mengetahui bagaimana penggunaan JOB (JNE Online Booking) di aplikasi Shopee.
- Pencairan subsidi ongkir akan dilakukan bersama dengan pelepasan dana produk sehingga no. resi harus dimasukkan secepatnya setelah pengiriman, sebelum dana dilepaskan. Sistem input resi:
- No. resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika tanggal dan waktu no. resi adalah sebelum waktu konfirmasi pembayaran pesanan.
- No. resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika no. resi sudah pernah dipakai sebelumnya.
- Jika no.resi belum dapat divalidasikan oleh sistem JNE atau Pos Indonesia, maka no. resi akan tersimpan di aplikasi Shopee terlebih dahulu dan sistem akan memberikan minimal 24 jam sebelum mengecek dan merubah status no. resi menjadi “Sah” atau “Ditolak”.
- Jika penjual Shopee Mall memasukkan no. resi salah maka penjual Shopee Mall memiliki kesempatan untuk mengubah no. resi yang belum divalidasi oleh Shopee dalam 3 hari sejak pengisian no. resi pertama.
- Jika penjual menemui masalah saat melakukan request pick-up driver GO-SEND, penjual dapat langsung menghubungi:
- Call Center GO-SEND: (021) 5055-22200. Jam kerja: Senin - Minggu pk 08:00 - 24:00.
- Shopee hanya akan membayar biaya ongkir sesuai dengan harga pengiriman di sistem jasa kirim. Jika penjual Shopee Mall adalah member dari jasa kirim yang dipilih dan mendapatkan diskon tertentu dari jasa kirim tersebut, maka Shopee akan membayar harga ongkir yang sudah di diskon karena data tersebut adalah data yang diberikan oleh sistem jasa kirim ke Shopee.
- Gratis ongkir hanya berlaku untuk transaksi penjualan yang berhasil di Shopee.
- Gratis ongkir tidak berlaku untuk pengiriman pengembalian barang dari pembeli ke Shopee Mall untuk pesanan yang retur.
- Jika penjual Shopee Mall menemui masalah teknis saat memasukkan no. resi ke sistem Shopee, penjual Shopee Mall dapat mengirimkan no. resi, no. pesanan dan foto fisik resi ke support@shopee.co.id untuk klaim biaya ongkir.
- Shopee berhak menangguhkan/ menghentikan program Gratis Ongkir ini untuk penjual Shopee Mall tertentu jika Shopee mendeteksi adanya pola kecurangan atau penyalahgunaan.
- Apabila Shopee mendeteksi penyalahgunaan program Gratis Ongkir ataupun no. resi yang tidak sesuai dengan pesanan, maka pihak Shopee berhak untuk tidak membayarkan subsidi ongkirnya. Selain itu, untuk kasus dimana no. resi yang sama terdaftar pada dua pesanan yang berbeda, pihak Shopee berhak memberikan subsidi ongkir hanya kepada pihak yang pertama memasukkan no. resi tersebut.
- Shopee berhak untuk merubah ketentuan yang berlaku, dan Shopee akan memberitahukan ke penjual Shopee Mall atas perubahan atau penghentian program yang ada melalui email atau notifikasi pemberitahuan.
- Semua biaya ongkir yang dibayarkan oleh pembeli (jika ada) akan diteruskan kepada penjual Shopee Mall.
- Jika pelepasan dana untuk subsidi gratis ongkir bermasalah, maksimum batas waktu untuk klaim subsidi ongkir tersebut adalah 1 bulan dari pelepasan dana produk kepada penjual Shopee Mall.
- Estimasi ongkos kirim ditentukan berdasarkan berat barang dan lokasi pengiriman dari JNE atau Pos Indonesia, untuk GO-SEND Same Day Delivery ongkos kirim rata sebesar Rp15.000 selama dalam kota Jabodetabek. Bila Penjual menginput berat barang yang salah (kondisi aktual produk lebih berat dari berat barang yang diinput ke Shopee) maka selisih kekurangan biaya ongkos kirim yang berbeda dari aplikasi tidak akan dibayarkan oleh Shopeee dan akan tetap dibebankan ke Penjual.
Program 2: Subsidi Ongkir adalah Rp20.000/ pesanan dengan min. belanja Rp90.000 di seluruh toko Shopee berlaku untuk jasa kirim J&T Express.
Syarat & ketentuan:
- Program ini berlaku untuk pengiriman paket J&T Express dari seluruh penjual Shopee.
- No. resi untuk pengiriman dengan jasa kirim J&T Express akan dikeluarkan secara otomatis oleh sistem Shopee. Pencairan dana akan dilakukan sesuai dengan no. resi tersebut.
- Subsidi ongkir akan dibayarkan oleh Shopee sebagai reimbursement sampai dengan batas Rp20.000 dengan min. belanja Rp90.000 per pesanan yang mempunyai no. resi yang sah.
- Untuk menikmati subsidi ongkir, pembeli harus melakukan pembelian min Rp90.000 per toko dalam satu kali checkout.
- Jika pengiriman pesanan membutuhkan lebih dari Rp20.000, Shopee dapat menunjukkan sisa biaya ongkir pada saat checkout untuk ditanggung oleh pembeli.
- Biaya ongkir akan ditransfer bersamaan dengan dana hasil penjualan dalam satu mutasi rekening.
- Pencairan subsidi ongkir akan dilakukan bersama dengan pelepasan dana produk.
- Shopee hanya akan membayar biaya ongkir sesuai dengan harga pengiriman di sistem jasa kirim. Jika penjual adalah member dari jasa kirim yang dipilih dan mendapatkan diskon tertentu dari jasa kirim tersebut, maka Shopee akan membayar harga ongkir yang sudah di diskon karena data tersebut adalah data yang diberikan oleh sistem jasa kirim ke Shopee.
- Gratis ongkir hanya berlaku untuk transaksi penjualan yang berhasil di Shopee.
- Gratis ongkir tidak berlaku untuk pengiriman pengembalian barang dari pembeli ke penjual untuk pesanan yang retur.
- Jika penjual menemui masalah saat melakukan request pick-up J&T Express, penjual dapat langsung menghubungi:
- Call Center J&T Express: 0800-100-1188. Jam kerja: 24 Jam Gratis.
- Shopee berhak menangguhkan/ menghentikan program Gratis Ongkir ini untuk penjual tertentu jika Shopee mendeteksi adanya pola kecurangan atau penyalahgunaan.
- Apabila Shopee mendeteksi penyalahgunaan program Gratis Ongkir, maka pihak Shopee berhak untuk tidak membayarkan subsidi ongkirnya.
- Shopee berhak untuk merubah ketentuan yang berlaku, dan Shopee akan memberitahukan ke penjual atas perubahan atau penghentian program yang ada melalui email atau notifikasi pemberitahuan.
- Semua biaya ongkir yang dibayarkan oleh pembeli (jika ada) akan diteruskan kepada penjual.
- Jika pelepasan dana untuk subsidi gratis ongkir bermasalah, maksimum batas waktu untuk klaim subsidi ongkir tersebut adalah 1 bulan dari pelepasan dana produk kepada penjual.
Program 3: Subsidi Ongkir adalah Rp30.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000/ pesanan untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku dan Papua) dengan min. belanja Rp120.000 di toko Shopee lainnya untuk seluruh jasa kirim yang didukung oleh Shopee, kecuali GO-SEND Instant Delivery & J&T Express.
Syarat & ketentuan:
- Program ini berlaku untuk pengiriman paket JNE REG, JNE OKE, Pos Kilat Khusus dan GO-SEND Same Day dari seluruh penjual Shopee, kecuali Shopee Mall.
- Penjual wajib untuk memasukkan no. resi yang sah. Pencairan dana akan dilakukan sesuai dengan no. resi yang sah.
- Subsidi ongkir akan dibayarkan oleh Shopee sebagai reimbursement sampai dengan batas Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku & Papua) per pesanan yang mempunyai no. resi yang sah.
- Untuk menikmati subsidi ongkir, pembeli harus melakukan pembelian min Rp120.000 per toko dalam satu kali checkout.
- Jika pengiriman pesanan membutuhkan lebih dari Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku dan Papua), Shopee dapat menunjukkan sisa biaya ongkir pada saat checkout untuk ditanggung oleh pembeli.
- Penjual wajib mengisi berat barang produk dengan tepat. Jika berat barang tidak diupdate dan ongkir yang dibayarkan lebih dari Rp30.000 untuk pembeli yang berdomisili di Pulau Jawa, Rp40.000 untuk pembeli yang berdomisili di luar Pulau Jawa dan Rp50.000 untuk pembeli yang berdomisili di Indonesia Timur (Maluku danPapua) maka kekurangan ongkir dapat terjadi dan akan ditanggung oleh penjual sendiri.
- Biaya ongkir akan ditransfer bersamaan dengan dana hasil penjualan dalam satu mutasi rekening.
- Penjual dapat memasukkan no. resi melalui Seller Centre di sini.
- Untuk penjual yang menggunakan jasa kirim JNE, penjual dapat menggunakan JOB (JNE Online Booking) di counter JNE yang tersedia. Klik di sini untuk mengetahui bagaimana penggunaan JOB (JNE Online Booking) di aplikasi Shopee.
- Pencairan subsidi ongkir akan dilakukan bersama dengan pelepasan dana produk sehingga no. resi harus dimasukkan secepatnya setelah pengiriman, sebelum dana terlepas. Sistem input resi:
- No. resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika tanggal dan waktu no. resi adalah sebelum waktu konfirmasi pembayaran pesanan.
- No. resi akan ditolak otomatis oleh aplikasi, jika no. resi sudah pernah dipakai sebelumnya.
- Jika no.resi belum dapat divalidasikan oleh sistem JNE atau Pos Indonesia, maka no. resi akan tersimpan di aplikasi Shopee terlebih dahulu dan sistem akan memberikan minimal 24 jam sebelum mengecek dan merubah status no. resi menjadi “Sah” atau “Ditolak”.
- Jika penjual memasukkan no. resi salah maka penjual memiliki kesempatan untuk mengubah no. resi yang belum divalidasi oleh Shopee dalam 3 hari sejak pengisian no. resi pertama.
- Shopee hanya akan membayar biaya ongkir sesuai dengan harga pengiriman di sistem jasa kirim. Jika penjual adalah member dari jasa kirim yang dipilih dan mendapatkan diskon tertentu dari jasa kirim tersebut, maka Shopee akan membayar harga ongkir yang sudah di diskon karena data tersebut adalah data yang diberikan oleh sistem jasa kirim ke Shopee.
- Gratis ongkir hanya berlaku untuk transaksi penjualan yang berhasil di Shopee.
- Gratis ongkir tidak berlaku untuk pengiriman pengembalian barang dari pembeli ke penjual untuk pesanan yang retur.
- Jika penjual menemui masalah saat melakukan request pick-up driver GO-SEND, penjual dapat langsung menghubungi:
- Call Center GO-SEND: (021) 5055-22200. Jam kerja: Senin - Minggu pk 08:00 - 24:00.
- Jika penjual menemui masalah teknis saat memasukkan no. resi ke sistem Shopee, penjual dapat mengirimkan no. resi, no. pesanan dan foto fisik resi ke support@shopee.co.id untuk klaim biaya ongkir.
- Shopee berhak menangguhkan/ menghentikan program Gratis Ongkir ini untuk penjual tertentu jika Shopee mendeteksi adanya pola kecurangan atau penyalahgunaan.
- Apabila Shopee mendeteksi penyalahgunaan program Gratis Ongkir ataupun no. resi yang tidak sesuai dengan pesanan, maka pihak Shopee berhak untuk tidak membayarkan subsidi ongkirnya. Selain itu, untuk kasus dimana no. resi yang sama terdaftar pada dua pesanan yang berbeda, pihak Shopee berhak memberikan subsidi ongkir hanya kepada pihak yang pertama memasukkan no. resi tersebut.
- Shopee berhak untuk merubah ketentuan yang berlaku, dan Shopee akan memberitahukan ke penjual atas perubahan atau penghentian program yang ada melalui email atau notifikasi pemberitahuan.
- Semua biaya ongkir yang dibayarkan oleh pembeli (jika ada) akan diteruskan kepada penjual.
- Jika pelepasan dana untuk subsidi gratis ongkir bermasalah, maksimum batas waktu untuk klaim subsidi ongkir tersebut adalah 1 bulan dari pelepasan dana produk kepada penjual.
- Estimasi ongkos kirim ditentukan berdasarkan berat barang dan lokasi pengiriman dari JNE atau Pos Indonesia, untuk GO-SEND Same Day Delivery ongkos kirim rata sebesar Rp15.000 selama dalam kota Jabodetabek. Bila Penjual menginput berat barang yang salah (kondisi aktual produk lebih berat dari berat barang yang diinput ke Shopee) maka selisih kekurangan biaya ongkos kirim yang berbeda dari aplikasi tidak akan dibayarkan oleh Shopeee dan akan tetap dibebankan ke Penjual.
Catatan untuk seluruh promosi di atas:
**Selain ketentuan di atas, Shopee telah menerapkan batasan untuk checkout bersubsidi ongkir di Shopee. Informasi detil sebagai berikut:
(i) Batasan harian: Maksimum checkout yang akan mendapatkan subsidi adalah sebanyak 1 checkout per hari, atau
(ii) Batasan mingguan: Maksimum checkout yang akan mendapatkan subsidi adalah sebanyak 2 checkout per minggu, atau
(iii) Batasan bulanan: Maksimum checkout yang akan mendapatkan subsidi adalah sebanyak 5 checkout per bulan.
(iv) Batasan checkout untuk checkout yang mendapatkan subsidi melalui website Shopee adalah sebanyak 1 checkout per bulan.
Setelah batasan pada periode tersebut habis, pembeli tetap dapat melakukan checkout untuk pembelian tanpa subsidi ongkir.